Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Lemot [Lengkap]

Laptop lemot karena terlalu banyaknya software yang terinstall. 4. Laptop lemot karena terlalu banyak startup programs dan service yang berjalan. Masalah Laptop/komputer lambat karena RAM yang terpasang terlalu kecil, merupakan hal yang sangat umum dan banyak diketahui oleh semua pengguna laptop maupun komputer. Spesifikasi Laptop yang tidak sesuai dengan system operasi yang diinstall, merupakan salah satu sebab laptop menjadi lemot. Kita harus faham apa spesifikasi hardware yang dimiliki oleh laptop kita, 32bit kah? Atau 64bit. Lantas bagaimana cara melihat spesifikasi dari laptop kita? Saya ulas bagaimana cara melihat spesifikasi laptop kita. Lantas apa hubungannya Antara spesifikasi laptop dengan laptop lemot, tentu saja ini sangat berkaitan sekali, Ketika kecepatan processor, Video Graphic Adapter (VGA) dan RAM anda hanya memenuhi spesifikasi standar atau minimum specification, apalagi kurang, tentu laptop anda akan menjadi lemot. Selain itu, jika kebutuhan penggunaan anda men untut kinerja laptop yang tinggi seperti desain grafis, Pemrograman Berorientasi Objek, Editing Video, game maker dan sebagainya sedangkan spesifikasi laptop yang anda gunakan hanya standar saja, tentu saja laptop anda akan terforsir untuk menjalankan kebutuhan tersebut sehingga ketika dipaksakan hardware laptop anda akan panas yang menyebabkan performa laptop anda menurun dan kinerja laptop terasa sangat lemot bahkan bisa hang(ngelag) dan yang lebih parah lagi laptop mati dengan sendiri.

Metode ini digunakan untuk memperbaiki masalah pengaktifan perangkat mouse Anda. Terkadang perangkat mouse dinonaktifkan baik secara tidak sengaja atau sengaja. Reset untuk mengaktifkan biasanya akan menyelesaikan masalah ini. Saya kira Anda tidak dapat menggunakan kursor di sini, jadi kami akan mencoba menggunakan keyboard langkah demi langkah. 1. Klik ikon jendela pada keyboard. 2. Agak pengaturan Lalu klik Memasuki Untuk memasukkan pengaturan. 3. Setelah itu, gunakan tab/arah pada keyboard untuk mengakses menu PC dan perangkat. 4. Pada menu PC dan Perangkat, pilih Mouse dan panel sentuh → Opsi Mouse Lainnya → Panel Sentuh → Aktifkan Perangkat → Klik Berlaku lalu baiklah. Jika tidak ada tombol Enable di touchpad, Anda bisa melihat menu Device Settings. 2. Sebuah jendela kecil akan muncul, ketik kepala.cpl Lalu klik Memasuki. 3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke jendela properti mouse dan pada menu itu, silakan buka tab Opsi kursor. 4. Pada tab Opsi Kursor, tekan tombol Tab hingga kotak centang bertuliskan "".Sembunyikan kursor saat mengetik".

Untuk itu sebaiknya pastikan antivirus yang terpasang di perangkat Anda selalu terupdate, dan jangan lupa untuk melakukan scan sistem secara berkala. Salah satu jenis virus yang cukup mengganggu adalah adware. Saat Anda membuka browser, iklan langsung muncul dari mesin pencari atau beranda, bukan browser default. Ini menandakan bahwa laptop Anda telah terinfeksi virus adware. Ini karena Anda awalnya menginstal perangkat lunak tanpa memahami dan membacanya terlebih dahulu. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan software "Adware Remover". Terlalu banyak program yang terpasang di laptop juga dapat memperlambat kinerja laptop itu sendiri, karena program tersebut juga memakan resource memori dari laptop kita sehingga menyebabkan alokasi memori menjadi tidak maksimal. Untuk itu, uninstall program yang tidak perlu, terutama program yang berukuran besar, misalnya yang sudah expired dan tidak bisa digunakan lagi. Banyak sekali program tambahan yang bisa membantu kita untuk mengatasi masalah ini, salah satunya yang sangat direkomendasikan adalah CCleaner, yang dapat membantu anda membersihkan file-file yang tidak perlu seperti temporary file atau cookies, pembersihannya terbilang cukup optimal.

Lihat contoh pada gambar. 3. Kemudian pilih menu Windows Security. Lihat contoh pada gambar. 4. Lalu pilih Virus & Threat protection. Lihat contoh pada gambar. 5. Karna disini saya memakai softw are antivirus Avast maka saya akan menscan virus dilaptop saya dengan menggunakan Avast, dengan mengklik Open Avast Antivirus seperti contoh pada gambar. Tetapi kamu juga bisa menggunakan Windows Defender untuk scan virus di laptop ataupun komputer kamu. 6. Kemudian scan virus di laptop ataupun komputer kamu. Aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS yang kamu miliki merupakan salah satu penyebab mengapa terjadi error not responding. Oleh karena itu sebaiknya kamu segera menguinstall aplikasi-aplikasi yang dari sononya sudah ada keterangan bahwa aplikasi tersebut hanya bisa dijalankan pada sistem operasi tertentu. Dengan demikian kamu akan menghindari resource conflicts yang dapat menyebabkan sistem operasimu serin mengalami crash not responding. Jika kamu bekerja dengan menggunakan komputer atau laptop, tentunya kamu sering membuka atau menjalankan beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan sekaligus atau disebut dengan multitasking.

Untuk melakukan update Windows, kamu bisa langsung cek melalui Settings - Update & Security - Windows Update. Pastikan laptop kamu terhubung ke Internet suapaya dapat mengunduh dan menginstal update Windows secara otomatis. Setelah mencoba cara di atas namun kamera laptop masih tidak bisa digunakan, maka kemungkinan besar hardware kamera sudah rusak dan perlu diperbaiki. Sehingga kamu perlu membawa laptop ke tempat servis atau services center jika masih garansi. Namun, melakukan servis laptop bisa memakan waktu yang lama, maka sebagai alternatif kamu bisa menggunakan webcam tambahan. Untuk harganya bervariasi, kamu bisa mendapatkan webcam murah dengan mulai dari 60 ribu hingga 200 ribu. Untuk hasil, webcam eksternal lebih dapat diandalkan ketimbang bawaan laptop. Penggunaan webcam ini juga cukup mudah karena termasuk perangkat Plug and Play, yang mana kamu hanya perlu memasangnya ke port USB laptop. Nah, jadi itulah beberapa cara mengatasi kamera laptop tidak berfungsi Windows 7, 8, 10 yang bisa kamu coba. Sekian artikel i ni dan semoga bisa bermanfaat. Apabila terdapat kendala atau tutorial yang sulit dimengerti, silakan komen di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JPMX-303ESK Hydraulic Multi Function Busbar Bending Cutting Punching Machine

busbar cutting punching and bending machine Bending cutting punching independently . Brass/Copper and Alumimum Busbar. 1. bending at vertic...